LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 LAHAT
DI RATU MOTOR
Jl R E Martadinata, Kelurahan Sukaratu
Lahat, Sumatera selatan
D
I
S
U
S
U
N
Oleh
:
Nama :
Ganda Saputra
NIS :
14050096
Kelas :
XI TEKNIK SEPEDA MOTOR
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMK NEGERI 1 LAHAT
TAHUN AJARAN 2015/2016
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 LAHAT
DI RATU MOTOR
Jl R.E.Martadinata, Kelurahan sukaratu
Lahat,
Sumatera selatan.
Disusun Oleh:
Nama : Ganda Saputra
NIS : 14050096
Kelas : XI
TEKNIK SEPEDA MOTOR
DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMK NEGERI 1
LAHAT
TAHUN AJARAN
2015/2016
IDENTITAS SISWA
Nama : GANDA SAPUTRA
NIS : 14050096
Tempat / tanggal lahir : Kartadewa/ 12-05-1999
Jenis kelamin : Laki-
laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. R E
Martadinata Sukaratu Kota negara
Nama orang tua : Gusnan
Alamat orang tua : Jl . R E Martadinata Sukaratu
Kota negara
Lahat,27 April 2016
Peserta
prakerin
Ganda Saputra
LEMBAR
PENGESAHAN
Laporan
ini telah diperiksa dan disahkan pada
Tanggal _____ Bulan _______________
Tahun 2016
Pimpinan Perusahaan
|
|
Pembimbing Lapangan
|
|
|
|
RADEN JUNAIDI
|
|
FITRA JAYA
|
A.N. KEPALA SEKOLAH Waka Humas Dan
Industri
|
|
GURU PEMBIMBING
|
|
|
|
Ramlan
NIP. 196111071989021001
|
|
Leli Olevia
,ST
NIP.197910032009032002
|
KATA PENGANTAR
Puji
syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan
hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktik Kerja
Industri di RATU MOTOR
Tujuan
dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir sekolah (UAS) dan Ujian
nasional (UN). Laporan
ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama
melaksanakan Praktik Kerja Industri di RATU MOTOR .
Penulis
menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini tidak lepas
dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis
menyampaikan terima kasih kepada :
1.
Bpk Abdul Rahman Sp.d, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Lahat.
2.
Bpk Raden junaidi. selaku pimpinan Perusahaan.
3.
Kakak Fitra jaya, selaku Pembimbing DU/DI.
4.
Bpk
Supraptono, Selaku kaprodi Jurusan Otomotif SMK Negeri 1 Lahat
5.
Ibu Leli Olevia , ST selaku guru
pembimbing
6.
Semua
pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan Praktik kerja industri.
Penulis
menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu
kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga
laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama
melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK N 1 LAHAT.
Lahat,27 April 2016
Penulis
DAFTAR ISI
Halaman Judul........................................................................ I
Identitas Siswa....................................................................... II
Lembar Pengesahan Industri dan Sekolah........................... III
Kata Penghantar................................................................... IV
Daftar Isi................................................................................ V
BAB I PENDAHULUAN ....................................................... 1
1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)................. 1
1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).............................. 1
1.3. Sasaran pokok Praktik Kerja
Industri........................................ 2
1.4. Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri....................... 3
1.5. Metode pengumpulan Data........................................................ 4
BAB
II PENGENALAN PERUSAHAAN.............................. 5
2.1. Gambaran Umum
Perusahaan.................................................... 5
2.2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan
Praktik Kerja Industri.............. 5
2.3. Kompetensi yang diajarkan........................................................ 5
BAB III KEGIATAN PRAKTIK DI LAPANGAN................ 5
5.1. Bulan
Januari............................................................................. 5
5.2. Bulan
Februari........................................................................... 6
5.3. Bulan
Maret............................................................................... 7
BAB IV PEMBAHASAN........................................................ 8
1.
Sistem rem pada motor honda.............................................. 8
2.
Mengganti kampas rem........................................................ 14
3.
Mengganti kampas kopling.................................................. 17
4.
Mengganti oli motor matoc Honda..................................... 19
BAB V PENUTUP................................................................. 23
4.1. Kesimpulan............................................................................... 24
4.2. Saran........................................................................................ 24
1.1. Latar Belakang Praktik Kerja
Industri (PRAKERIN)
Setiap
siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak
dunia usaha/ industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem
Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar
setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum
memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai
dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan,
pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal
tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk
menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional
seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik
bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja
yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja
(industri/perusahaan atau instansi tertentu) yang secara bersama-sama
menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah
pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program,tahap penyelenggaraan,
sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.
1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri
(PRAKERIN)
Praktek
Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu system pembelajaran yang dilakukan
di luar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri atau
instansi yang relevan.
Secara
umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan
pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan situasi yang sebenarnya, mengumpulkan
informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan tujuan khusus. Setelah siswa
melaksanakan program Praktek Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan
memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan
kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi
untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan
potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.
a.
Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN)
pada SMK bertujuan untuk: Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu
tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang
sesuai dengan tuntutan lapangan
pekerjaan.
b.
Memperkokoh link and match antara SMK dan
dunia kerja.
c.
Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses
pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
d.
Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja
sebagai bagian dari proses pendidikan.
1.3. Sasaran
pokok Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)
Melihat
kenyataan di atas, Kemendikbut menetapkan strategi operasional yang berdasarkan pada
kebijakan“Link and Match”(kesesuaian dan kesepadanan)Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam
model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan
ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989
tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan
Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan
Nasional, Kepmendikbud Nomor080/U/1992 tentang Seklah Menengah Kejuruan dan Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang kurikulum SMK.
1.4. Tujuan pembuatan laporan Praktik
Kerja Industri
Tujuan
dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri,
berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu
terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para
siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan
tersebut antara lain adalah :
1.
Untuk
mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri.
2.
Sebagai
pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa
sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3.
Menambah
perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan
selanjutnya.
4.
Sebagai
latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5.
Sebagai
bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DUDI (Dunia
Industri).
6.
Sebagai
syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama
mngikuti praktek di dunia usaha/industri.
1.5. Metode Pengumpulan Data
Metode
untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyusun laporan kami
mengambil metode wawancara. Metode ini merupakan metode yang paling efektif
dalalam mengumpulkan data-data yang diperlukan.Dengan metode ini penulis secara langsung melakukan wawancara dengan pembimbing dilapangan
dan karyawan.
Data-data yang diperoleh dengan
metode ini antara lain ;
1. Gambaran Umum Perusahaan
2. Struktur Organisasi Perusahaan
3. Bidang Usaha
4. Inventarisasi tentang alat-alat dan
benda-benda yang di kerjakan di tempat Prakerin.
BAB II PENGENALAN PERUSAHAAN
2.1. Gambaran Umum
Perusahaan
Ratu motor
adalah salah satu bengkel resmi motor Honda di kabupaten Lahat,
Ratu motor berada di Jl. R.
E.Martadinata Kel, Sukaratu. Ratu motor melayani service berbagai jenis sepeda
motor Honda . Ratu motor juga menjual berbagai suku cadang motor Honda.
2.2. Waktu dan
Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri
Waktu
untuk melaksanakan Praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 4 januari s/d 4 April. Praktik kerja industri di Ratu
Motor. dimulai dari pukul 07.45
– 17.00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.
2.3. Kompetensi
yang diajarkan, antara lain :
·
Bongkar Mesin
·
Ganti Oli
·
Ganti Kampas Kopling
·
dll
BAB III
KEGIATAN PRAKTIK DI LAPANGAN
NO
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
1
|
Januari 2016
|
|
2
|
Januari 2016
|
|
3
|
Januari 2016
|
|
4
|
Januari 2016
|
|
5
|
Januari 2016
|
|
6
|
Januari 2016
|
|
7
|
Januari 2016
|
|
8
|
Januari 2016
|
|
9
|
Januari 2016
|
|
10
|
Januari 2016
|
|
11
|
Januari 2016
|
|
12
|
Januari 2016
|
|
13
|
Januari 2016
|
|
14
|
Januari 2016
|
|
15
|
Januari 2016
|
|
16
|
Januari 2016
|
|
17
|
Januari 2016
|
|
18
|
Januari 2016
|
|
19
|
Januari 2016
|
|
20
|
Januari 2016
|
|
21
|
Januari 2016
|
|
22
|
Januari 2016
|
|
23
|
Januari 2016
|
|
24
|
Januari 2016
|
|
25
|
Januari 2016
|
|
26
|
Januari 2016
|
|
27
|
Januari 2016
|
|
28
|
Januari 2016
|
|
29
|
Januari 2016
|
|
30
|
Januari 2016
|
|
NO
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
1
|
Februari 2016
|
|
2
|
Februari 2016
|
|
3
|
Februari 2016
|
|
4
|
Februari 2016
|
|
5
|
Februari 2016
|
|
6
|
Februari 2016
|
|
7
|
Februari 2016
|
|
8
|
Februari 2016
|
|
9
|
Februari 2016
|
|
10
|
Februari 2016
|
|
11
|
Februari 2016
|
|
12
|
Februari 2016
|
|
13
|
Februari 2016
|
|
14
|
Februari 2016
|
|
15
|
Februari 2016
|
|
16
|
Februari 2016
|
|
17
|
Februari 2016
|
|
18
|
Februari 2016
|
|
19
|
Februari 2016
|
|
20
|
Februari 2016
|
|
21
|
Februari 2016
|
|
22
|
Februari 2016
|
|
23
|
Februari 2016
|
|
24
|
Februari 2016
|
|
25
|
Februari 2016
|
|
26
|
Februari 2016
|
|
27
|
Februari 2016
|
|
28
|
Februari 2016
|
|
29
|
Februari 2016
|
|
30
|
Februari 2016
|
|
NO
|
TANGGAL
|
KEGIATAN
|
1
|
Maret 2016
|
|
2
|
Maret 2016
|
|
3
|
Maret 2016
|
|
4
|
Maret 2016
|
|
5
|
Maret 2016
|
|
6
|
Maret 2016
|
|
7
|
Maret 2016
|
|
8
|
Maret 2016
|
|
9
|
Maret 2016
|
|
10
|
Maret 2016
|
|
11
|
Maret 2016
|
|
12
|
Maret 2016
|
|
13
|
Maret 2016
|
|
14
|
Maret 2016
|
|
15
|
Maret 2016
|
|
16
|
Maret 2016
|
|
17
|
Maret 2016
|
|
18
|
Maret 2016
|
|
19
|
Maret 2016
|
|
20
|
Maret 2016
|
|
21
|
Maret 2016
|
|
22
|
Maret 2016
|
|
23
|
Maret 2016
|
|
24
|
Maret 2016
|
|
25
|
Maret 2016
|
|
26
|
Maret 2016
|
|
27
|
Maret 2016
|
|
28
|
Maret 2016
|
|
29
|
Maret 2016
|
|
30
|
Maret 2016
|
|
BAB IV PEMBAHASAN
1. SISTEM REM PADA
SEPEDA MOTOR
Dalam melihat sebuah kendaraan,
biasanya orang selalu mempertimbangkan berapa kecepatan tertinggi yang bisa
dicapai oleh kendaraan tersebut, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk
mendapat kecepatan tersebut. Padahal dibalik itu ada sistem lain yang dharus
diperhatikan juga : sistem rem pada kendaraan tersebut.
Semakin tinggi kecepatan yang bisa
dicapai oleh suatu kendaraan maka jelas harus membutuhkan sistem rem yang mampu
mengurangi kecepatan yang sudah dicapai tersebut nantinya.
Sistem rem sendiri kemudian dibagi
menjadi dua jenis : Rem Tromol dan Rem Cakram
Rem Tromol
Rem tromol adalah sistem yang
seringkali digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas cc kecil. Sistem rem
ini juga dikenal sebagai sistem rem yang murah, namun kurang mumpuni untuk
melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, kecuali untuk tipe tertentu. Sistem
rem ini tidak terlihat dari luar, karena berada didalam komponen roda
kendaraan.
Sistem
rem digunakan untuk memperlambat ataupun menghentikan sepeda motor. Selain itu
sistem rem juga berfungsi sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang
aman. Prinsip rem adalah merubah energi gerak menjadi energi panas. Umumnya,rem
bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak
putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang
ditimbulkan antara dua objek / benda.
Pada sepeda motor sistem rem yang digunakan adalah rem tromol atau rem cakram. Untuk pengoperasian rem tromol biasanya menggunakan cara pengoperasian mekanikal atu menggunakan tuas. Sedangkan rem cakram ada yang menggunakan mekanik dan ada yang menggunakan model hidrolis.
-Rem tromol
Rem
tromol pada sepeda motor komponen utamanya adalah menggunakan tromol atau drum
yang di tekan oleh kanvas.
Komponen
rem tromol
o
kanvas rem
o
anchor pen
o
cam
o
pembalik
o
tromol/drum
komponen rem tromol depaan sepeda motor apabila di urutkan seperti gambar di bawah
komponen rem tromol depaan sepeda motor apabila di urutkan seperti gambar di bawah
cara
kerja rem tromol pada sepeda motor
1. sebelum rem bekerja.
Pada
saat tuas rem belum di tarik / di injak maka rem belum bekerja. Di antara
tromol dan kanvas rem masih ada celah dan tidak bersinggungan. Per pengembali
kanvas masih belum meregang.
2. setengah pengereman
2. setengah pengereman
Apabila
tuas rem ditarik setengah maka akan mulai terjadi pergerakan pada komponen rem.
Cam akn bergerak memutar dan kanvas akan bergerak keluar sehingga akan mulai
bergesekan dengan drum/ tromol. Terjadilah gesekan kecil dan rem bekerja
sedikit
3.
rem bekerja penuh
Pada
saat rem tuas rem di tarik penuh maka akan terjadi gesekan yang kuat antara
tromol dan kanvas rem. Cam memutar maksimal dan penekanan pada kanvas rem
dengan tromol kuat sehingga dengan adanya gaya gesekan yang kuat akan mampu
menghentikan putaran tromol. Per pengembali juga meregang maksimal.
4.
Pelepasan rem
Saat
pelepasan rem adalah dimana tuas dilepas dan kembali pada posisi semula. Per
pengembali kanvas bekerja untuk mengembalikan kedudukan kanvas seperti pada
saat belum bekerja. Gesekan antara kanvas dan tromol tidak ada.
Mekanisme rem tromol adalah ketika
tuas rem ditarik, lengan rem akan memutar cam/nok yang menyebabkan brake shoe mengembang kemudian kanvas rem
akan bergesekan dengan tromol. Gesekan ini yang akan menyebabkan
perlambatan pada sepeda motor.
Rem Cakram
Berbeda dengan sistem rem tromol,
rem cakram adalah sistem rem yang seringkali digunakan untuk sepeda motor
dengan kapasitas cc besar, sehingga mampu mengurangi kecepatan kendaraan dari
kecepatan tinggi sekalipun. Karena itu sistem rem jenis ini juga digunakan pada
kereta api, mobil, dan sepeda. Namun penggunaan rem cakram saat ini sudah
digunakan pula pada sepeda motor dengan kapasitas cc kecil, karena dianggap
lebih efektif dan lebih trendy.
Sesuai dengan namanya, mekanisme
kerja rem cakram adalah dengan menggerakkan piston yang kemudian mendorong
kanvas rem bergerak menjepit cakram dari dua sisi. Gesekan pada cakram yang
berhubungan dengan roda, membuat roda kehilangan kecepatannya dan pada akhirnya
berputar lebih lambat dari sebelumnya.
Jadi, pada saat nanti anda
akan melihat sepeda motor atau hendak membeli sebuah sepeda motor, selain lihat
berapa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh sepeda motor tersebut,
perhatikan juga sistem rem nya. Semakin tinggi sepeda kecepatan yang dicapai,
maka seharusnya sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem rem cakram.
Atau anda bisa melihat secara
terbalik, sepeda motor yang sudah menggunakan rem cakram sudah bisa dikatakan
mampu melaju dengan kecepatan tinggi, walaupun tidak semuanya, karena beberapa
produsen ada yang mengintegrasikan rem cakram karena banyaknya peminat yang
menginginkan sepeda motor dengan rem cakram, walaupun sebenarnya untuk
kapasitas cc sepeda motor tersebut cukup menggunakan rem tromol biasa.
2.
MENGGANTI KAMPAS REM
Bagi anda mungkin ketika mengalami rem yang sudah tidak
pakam lagi mungkin salah satunya bisa di sebabkan dengan kampas rem yang sudah
habis. Ketika anda mengendarai motor dan pada bagian depan terdengar suara
decitan atau bunyi lainya bisa jadi kampas rem motor yang anda naiki tersebut
juga sudah habis. Nah untuk cara menggantinya tentunya hal tersebut bisa anda
lakukan sendiri karena tidak bergitu repot selain itu tentu bisa menghemat
sedikit biayaperawatan motor, jadi tidak harus pergi ke bengkel motor.
Pada
contoh dibawah ini saya ingin sharing informasi mengenai bagaimana cara mengganti kampas rem depan motor vario yang mungkin
selama ini anda cari. Jika anda tahu , sebenarnya untuk penggantian kampas rem
sendiri tidak terlalu sulit, anda tidak memerlukan tahapan yang rumit dan kunci
peralatan motor yang digunakan juga sedikit.
Berikut ini adalah artikel yang saya
kutip dari blognya mas ari mengenai cara bongkar kampas rem depan vario
dengan teknik yang simple dan kunci yang digunakan minim.
Peralatan Untuk Bongkar Kampas Rem
1. Kunci L bintang ukuran T40
2. Kunci T 8
3. dan amplas.
Selanjutnya setelah anda persiapkan
peralatan tersebut, mari simak panduan atau langkah langkah bongkar kampas rem
depan motor honda vario .
1. Yang pertama anda bisa coba untuk
mengambil kunci T8, setelah itu anda bisa buka bagian baut pengikat kampas rem
(dikendorkan atau dilepas). anda bisa putar ke arah kiri untuk mengendorkan
baut tersebut.
2. Setelah itu jika sudah baut tersebut
sudah kendor anbda bisa cabut dan selanjutnya lepas bautnya dari kaliper.
3. Next , anda bisa juga melepas bagian
dua baut bintang, anda bisa kendorkan dengan menggunakan kunci L bintang yang
sudah di siapkan sebelumnya.
4. Nah jika anda kesulitan dalam
melepas baut L bintang maka anda bisa menggunakan kunci T agar torsinya
jadi lebih enteng.
Next selanjutnya anda bisa lanjutkan
langkah langkahnya seperti dibawah ini :
1. Nah jika
pada bagian baut kaliper sudah terlepas,sekarang anda bisa coba untuk tarik
bagian kalipernya maka pada kampas rem nanti akan mretelin ,anda bisa lihat
pada gambar diatas ini :
2. Pada gambar
diatas lihat no 2 kampas rem sudah terlepas.
3. Coba anda
perhatikan pada bagian gambar no 3, Jika ketebalan kampas rem tersebut masih
diatas 1mm maka anda hanya cukup membersihkan saja bisa menggunakan ampelas
tapi jika kampas tersebut sudah tipis maka biasanya anda harus mengganti dengan
yang baru jika tidak maka nanti piringan/disc cakramnya nya akan aus gara2
kampas rem tersebut sudah habis.
4. Nah lihat
pada gambar no 3, jika kampas rem sudah anda bersihkan atau anda mengganti
dengan yang baru maka anda bisa lanjut proses berikutnya yaitu ke pemasangan .
Setelah anda
bersihkan jika kampas rem masih , tapi jika kampas rem habis maka anda bisa
menggantinya dengan yang baru , selanjutnya tinggal langkah pemasangannya.
Berikut ini bisa anda simak langkah pemasanga kampasnya.
1. Yang pertama
anda bisa coba untuk mengambil kampas rem yang bagian dalam atau yang ditekan
oleh piston, selanjutnya anda pasangkan ke bagian kaliper sambil baut pengikat
kampas dimasukkan juga, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar no 1.
2. Next ,
langkah selanjutnya untuk pemasangan kampas adalah untuk kampas rem yang
kedua anda bisa masukan kemudian baut pengikat kampas rem dimasukkan full,
bautnya tidak perlu dikencangkan dulu.
3. Langkah
selanjutnya jika pada bagian kampas dan baut pengikat sudah terpasang sempurna
lihat pada gambar no 3
4. Maka langkah
berikutnya anda bisa dengan melanjutnya memasang kalipernya.
1. Langkah
berikutnya anda bisa masukkan kedua baut kaliper tersebut ,kemudian untuk baut
L bintang kaliper ini anda bisa kencangkan menggunakan kunci L bintang T40 ,nah
jika perlu anda bisa juga menggunakan kunci T8 sebagai pengait agar baut
tersebut terikat dengan kencang.
2. Untuk gambar
no 2, yaitu jangan lupa untuk bagian Baut kaliper kedua di kencangkan juga.
3. Next step
berikutnya yaitu jangan lupa untuk mengencangkan baut pada bagian pengikat
kampas kampas rem remnya menggunakan kunci T8 yang sudah di persiapkan
sebelumnya.
3. MENGGANTI KAMPAS KOPLING
1.
Pertama :
Lepas semua baut pengunci bak kopling, kemudian copot bak dengan menarik keluar. Kalau sulit (lama tidak dibuka), diperlukan pengungkit pada cupingan2 yang sudah disediakan. Ungkit pelan2 dan hati2, jangan sampai cupingannya pecah Dengan menggunakan Kunci T 8mm.
Lepas semua baut pengunci bak kopling, kemudian copot bak dengan menarik keluar. Kalau sulit (lama tidak dibuka), diperlukan pengungkit pada cupingan2 yang sudah disediakan. Ungkit pelan2 dan hati2, jangan sampai cupingannya pecah Dengan menggunakan Kunci T 8mm.
2.
Kedua :
Lepas lock-nut pengunci rumah kopling dengan menggunakan kunci sok mahkota, sama seperti saat melepas lock-nut di filter sentrifugal
Lepas lock-nut pengunci rumah kopling dengan menggunakan kunci sok mahkota, sama seperti saat melepas lock-nut di filter sentrifugal
3.
Ketiga :
Lepaskan Per kopling dan Copot Rumah kopling Dengan Bantuan Traker Biar Lebih Gampang.
Lepaskan Per kopling dan Copot Rumah kopling Dengan Bantuan Traker Biar Lebih Gampang.
4.
Terakhir :
Lepas Kampas Kopling Yang akan di Ganti,Tapi Urutan'a Harus di Perhatikan Jangan sampai Salah Pasang.Kemudian Ganti Dengan Yang Baru.
Lepas Kampas Kopling Yang akan di Ganti,Tapi Urutan'a Harus di Perhatikan Jangan sampai Salah Pasang.Kemudian Ganti Dengan Yang Baru.
Untuk Pemasangan Sama Dengan Proses Pelepasan Tapi Lebih Baik Bersihkan Dulu Komponen2'a Dengan Menggunakan Bensin Sebelum Di Pasang Kembali..
Yang
masih Pemula Sebaiknya Peletakan urutan Komponen yang telah di buka di pisahkan
dan di beri tanda, agar tidak Bingung pada saat Pemasangan.
A. MENGGANTI OLI
MOTOR MATIC HONDA
Selain
Oli mesin pada motor matic sebut saja pada motor honda beat ada juga lho oli
transmisinya atau oli gardan. Oli tersebut tentunya berfungsi untuk pelumasan
agar kinerja lebih maksimal dan tentunya wajib di ganti . Bila dibiarkan maka
nantinya akan berakibat timbul bunyi dalam bak transmisi. Hal tersebut
dikarena akibat dari gesekan antar gigi transmisi yang sudah minim pelumasan.
Akibat lanjutannya akan terjadi keausan dibagian tersebut. ucap Endro Sutarno,
bagian training PT Astra Honda Motor (AHM).
Lalu
kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli transmisi atau gardan
tersebut. kalau kemaren saya baca2 di blognya mas ari itu maksimal 6 bulan
sekali ganti oli gardan atau 5000 km saja, meskipun maksimal penggantian setiap
10.000 km. jika nunggu 10.000 km terlalu lama nanti kasihan motornya dan
mengurangi efek/resiko rusak,untuk harganya sendiri oli gardan sangar murah
yaitu sekitar 10ribuan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan apakah oli gardan
masih atau habis anda bisa mengakali dengan menggunakan sapu lidi, anda bisa
masukan ke tempat oli gardan tersebut jika masih ada maka aman , jika tinggal
sedikit anda bisa membuang dan mengganti dengan yang baru.
Berikut ini kutipan yang saya kutip
dari mekanik mas ari tentang penggantian oli gardan yang mungkin bisa membantu
motor matic anda.
- Oli
gardan maksimal dipakai sampai di 10.000 km,akan tetapi alangkah
lebih baiknya anda melakukan penggantian sebelum di 10.000 km agar lebih
safety.
- Perlu
di perhatikan bahwa Oli gardan meskipun masih kelihatan bening maka tetap
harus diganti ,untuk kapasitas oli gardan itu tergantung dari jenis
motornya karena setiap motor itu berbeda kapasitas olinya , tapi pada
umumnya rata2 hanya menggunakan 1 botol ,kecuali mtr xeon yang menggunakan
2 botol.
- Oli
gardan meskipun sudah digunakan sampai 10.000 km tapi tetap bening ?
jawaban mas ari adalah itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin
dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain
sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai
‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta
cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lebih tinggi sehingga
kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai
pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.
Nah bagaimana , apakah anda udah
paham semua hal mengenai oli gardan , jika sudah paham mari kita lanjutkan
mengenai cara penggantianya yang bisa anda lihat dibawah ini :
1.
Yang
pertama anda bisa parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan mempunyai
permukaan yang rata ( untuk memastikan oli keluar semua saat mengisi pas dengan
takaran) . Selanjutnya anda bisa menggunakan standard dua agar posisi motor
rata. Selanjutnya anda buka baut pembuangan oli, ( buka baut untuk pembuangan
dan juga baut untuk memasukan oli gardan).Biarkan oli tersebut keluar sampai
benar benar habis anda bisa menggunaka kompresor agar lebih maksimal , tapi
jika tidak ada juga tidak masalah.
2. Anda bisa siapkan oli transmisi yang
bisa di beli di toko bengkel terdekat di kota anda untuk harganya kurang lebih
sekitar 10.000an , selain oli gardan motor, siapkan juga kunci T atau kuci
Y ukuran 12-an untuk membuka baut ,selanjutnya anda coba perhatian pada gambar
diatas( point no 2) , di situ ada lubang perhatikan lubang in ( atas, ),
out ( bawah )
3.
Selanjutnya anda bisa buka terlebih dahulu bagian baut in
(baut atas )
4.
Jika baut in sudah maka anda juga buka baut out , maksudnya
adalah baut untuk saluran pembuangan oli ,jangan terlalu keras
,harap hati2,karena oli nantinya siap menetes, siapkan wadah ( anda bisa gunakan
wadah seperti gelas, atau tempat yang cukup untuk menampung oli pembuangan.
5.
Selanjutnya tunggu oli transmisi/gardan keluar semuanya ,
tunggu oli tersebut hingga tetesan terakhir hehe,artinya adalah sampai berhenti
menetes lagi.
Ada yang menggunakan compresor jare biar maksimal, lebay hehe, anda bisa memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli gak keluar.
Ada yang menggunakan compresor jare biar maksimal, lebay hehe, anda bisa memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli gak keluar.
6.
Intinya adalah kuras oli tersebut sampai habis dengan
cara dimiringkan ke arah kiri tapi anda harus hati2,biar motornya gak ambruk
,gunakan standard kiri dan standard tengah
7. Jika oli
sudah dirasa habis dan sudah kering anda bisa tegakkan kembali motornya,
terus tutup kembali baut yang di lepas tadi (khusunya baut out/ baut
pembuangan oli) anda bisa kencangkan baut tersebut sesuai TORSI
kemudian
anda masukan oli gardan tersebut ke ujung tempat olinya, masukkan secara
perlahan lahan lewat lubang in (lihat gambar pertama)
kalau oli gardan tersebut susah masuk, anda bisa miringkan motor ke kiri sedikit, dan sambil menekan tuh botol oli, anda bisa tekan sampai semua isi olinya habis dan masuk sempurna ke gearbox
8.
Nah setelah selesai anda bisa pasang kembali baut in dan
kencangkan sesuai torsi
9.
Untuk oli sendiri anda bisa gunakan sesuai dengan kapasitas
yang di rekomendasikan pada motor anda. sebagai contoh misalnya oli gardan SAE
140, Oli transmisi Manual SAE 90, oli transmisi Automatic ATF (Automatic
Transmission Fluid).
10. Untuk yang
terakhir, anda periksa kebocorannya kalau tidak bocor sips, sukses .
Nah sampai
disini sudah paham , semoga artikel yang saya sajikan diatas dapat bermanfaat
khususnya buat saya pribadi dan buat teman teman yang pengen belajar sendiri
otodidak cara mengganti oli gardan motor matic.
BAB V PENUTUP
·
Dengan mengucapkan syukur alhamulillah
penyusun dapat menyelesaikan laporankegiatan Pratik Kerja Indusrti (PRAKERIN)
ini ,walaupun penyusun sadari bahwa masih banyak kekurangan, namun setidaknya
kami mengharapkan laporan ini dapan bermanfaat khusus nya bagi penyusun sendiri
dan umumnya bgi teman-teman semua.
·
Dengan hati yang lapang kami
mengharapkan saran dan kritik untuk melengkapi dan menyempurnakan laporan ini.
· Atas kesediaan
dan keiklasan kami mengucapkan terimakasih dan kami berdo’asemoga segi kebaikan
dan dukungan dari semua pihak mendapat balasan dari Allah swt. Hanya kepada-Nya
kita bertawakal dan haya kepada-Nya lah semua kembali, semoga Allah melimpahkan
Anugrah, berkah ,dan karunia agar kita senantiasa berada pada naungan megfiroh
dan ridho Allah.
3.1. Kesimpulan
Sesuai
dengan ketentuan yang telah di tenukan bahwa setelah melaksanakan PRAKERIN
(Praktik Kerja Industri) pada siswa diwajibkan membuat laporan. Pembuatan
laporan ini salah satu syarat untuk Ujian Akhir Nasional di SMK N1 LAHAT, dalam
pembuatan laporan ini peserta Praktik
Kerja Indusri harus memberikan keterangan-keterangan dan melakukan penelitian
yang kebenaran laporan ini harus dapat di pertanggung jawabkan oleh peserta
Pratik Kerja Industri.
3.2. Saran
Untuk Instansi :
a.
Bagi para pembimbing mudah-mudahan
untuk kegitan berikut nya akan mendapat tugas dan tanggung jawab yang sesuai
dengan ke terampilan yang di butuhkan.
b.
Dalam penilaian harus di samakan /
sesuaidengan bidang yang telah di tentukan .
c.
Bagi Ratu Motor sistem kerja pegawai sebaik nya di
tingkatkan lagi.
Untuk Sekolah:
Diharapkan
dapat memantau kegiatan Siswa/ siswi nya yang sedang melaksanakan Praktik Kerja
Industri secara intensif sehingga kesulitan dan permasalahan dapat terselesaikan
dengan cepat
Tidak ada komentar:
Posting Komentar