Sabtu, 23 April 2016

LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 LAHAT
DI RATU MOTOR
Jl R E Martadinata, Kelurahan Sukaratu
Lahat, Sumatera selatan

D
I
S
U
S
U
N

Oleh :


Nama                    : Ganda Saputra
NIS                       : 14050096
Kelas                     : XI TEKNIK SEPEDA MOTOR







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMK NEGERI 1 LAHAT

TAHUN AJARAN 2015/2016
LAPORAN
PRAKTIK KERJA INDUSTRI (PRAKERIN)
SMK NEGERI 1 LAHAT
DI RATU MOTOR
Jl R.E.Martadinata, Kelurahan sukaratu
Lahat, Sumatera selatan.







Disusun Oleh:


Nama        : Ganda Saputra
NIS           : 14050096
Kelas         : XI TEKNIK SEPEDA MOTOR







DINAS PENDIDIKAN KABUPATEN LAHAT
SMK NEGERI 1 LAHAT
TAHUN AJARAN 2015/2016
IDENTITAS SISWA

Nama                          : GANDA SAPUTRA

NIS                             : 14050096

Tempat / tanggal lahir   : Kartadewa/ 12-05-1999

Jenis kelamin               : Laki- laki

Agama                         : Islam

Alamat                         : Jl. R E Martadinata Sukaratu Kota negara

Nama orang tua           : Gusnan

Alamat orang tua         : Jl . R E Martadinata Sukaratu Kota negara




                                                                                               Lahat,27 April 2016
Peserta prakerin


Ganda Saputra
LEMBAR PENGESAHAN


Laporan ini telah diperiksa dan disahkan pada
Tanggal _____ Bulan _______________ Tahun 2016


Pimpinan Perusahaan


Pembimbing Lapangan




RADEN JUNAIDI

FITRA JAYA




A.N. KEPALA SEKOLAH Waka Humas Dan Industri


GURU PEMBIMBING



Ramlan 
NIP. 196111071989021001

Leli Olevia ,ST
NIP.197910032009032002


               










KATA PENGANTAR
Puji syukur penulis ucapkan kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, sehingga dapat menyelesaikan penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri di RATU MOTOR
Tujuan dari penyusunan Laporan Praktek Kerja Industri ini adalah untuk memenuhi salah satu syarat dalam menempuh ujian akhir sekolah (UAS) dan Ujian nasional (UN). Laporan ini disusun berdasarkan data yang sesungguhnya yang penulis dapatkan selama melaksanakan Praktik Kerja Industri di RATU MOTOR .
Penulis menyadari bahwa dalam penyusunan Laporan Praktik Kerja Industri ini tidak lepas dari dukungan berbagai pihak, oleh karena itu pada kesempatan ini penulis menyampaikan terima kasih kepada :

1.         Bpk Abdul Rahman Sp.d, selaku kepala sekolah SMK Negeri 1 Lahat.
2.         Bpk Raden junaidi. selaku pimpinan Perusahaan.
3.         Kakak Fitra jaya, selaku Pembimbing DU/DI.
4.         Bpk Supraptono, Selaku kaprodi Jurusan Otomotif SMK Negeri 1 Lahat
5.         Ibu Leli Olevia , ST selaku guru pembimbing
6.         Semua pihak yang turut membantu dalam pelaksanaan Praktik kerja industri.
  
Penulis menyadari bahwa penyusunan laporan ini masih jauh dari kesempurnaan, untuk itu kritik dan saran yang membangun dari pembaca. Harapan dari penulis semoga laporan yang memuat pengalaman dan pengetahuan yang didapatkan selama melaksanakan Praktek Kerja Industri ini dapat bermanfaat bagi siswa-siswi SMK N 1 LAHAT.
Lahat,27 April 2016



Penulis



DAFTAR ISI
Halaman Judul........................................................................ I
Identitas Siswa....................................................................... II
Lembar Pengesahan Industri dan Sekolah........................... III
Kata Penghantar................................................................... IV
Daftar Isi................................................................................ V
BAB I PENDAHULUAN ....................................................... 1
1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)................. 1
1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN).............................. 1
1.3. Sasaran pokok Praktik Kerja Industri........................................ 2
1.4. Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri....................... 3
1.5. Metode pengumpulan Data........................................................ 4
BAB II PENGENALAN PERUSAHAAN.............................. 5
2.1. Gambaran Umum Perusahaan.................................................... 5
2.2. Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri.............. 5
2.3. Kompetensi yang diajarkan........................................................ 5
BAB III KEGIATAN PRAKTIK DI LAPANGAN................ 5
5.1. Bulan Januari............................................................................. 5
5.2. Bulan Februari........................................................................... 6
5.3. Bulan Maret............................................................................... 7
BAB IV PEMBAHASAN........................................................ 8
1.      Sistem rem pada motor honda.............................................. 8
2.      Mengganti kampas rem........................................................ 14
3.      Mengganti kampas kopling.................................................. 17
4.      Mengganti oli motor matoc Honda..................................... 19
BAB V PENUTUP................................................................. 23
4.1. Kesimpulan............................................................................... 24
4.2. Saran........................................................................................ 24

 BAB I PENDAHULUAN

1.1. Latar Belakang Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Setiap siswa lulusan SMK dituntut untuk mempunyai suatu keahlian dan siap kerja karena  lulusan SMK biasanya belum diakui oleh pihak dunia usaha/ industri. Oleh karena itu diadakan suatu program Pendidikan Sistem Ganda (PSG) yaitu dengan melaksanakan Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) agar setiap siswa lulusan SMK mempunyai pengalaman dalam dunia usaha sebelum memasuki dunia usaha tersebut secara nyata setelah lulus sekolah.
Sesuai dengan hasil pengamatan dan penelitian Direktorat Pendidikan Menengah Kejuruan, pola penyelenggaraan di SMK belum secara tegas dapat menghasilkan  tamatan sebagaimana yang diharapkan. Hal tersebut dapat dilihat dari kondisi pembelajaran yang belum kondusif untuk menghasilkan tenaga kerja yang professional, karena keahlian professional seseorang tidak semata-mata diukur oleh penguasaan unsur pengetahuan dan teknik bekerja, tetapi harus dilengkapi dengan penguasaan kiat (arts) bekerja yang baik. Ada dua pihak yaitu lembaga pendidikan dan lapangan kerja (industri/perusahaan atau instansi  tertentu) yang secara bersama-sama menyelenggarakan suatu program keahlian kejuruan. Dengan demikian kedua belah pihak seharusnya terlibat dan bertangguang jawab mulai dari tahap perencanaan program,tahap penyelenggaraan, sampai penilaian dan penentuan kelulusan siswa.

1.2. Tujuan Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Praktek Kerja Industri (PRAKERIN) merupakan suatu  system pembelajaran yang dilakukan di luar Proses Belajar Mengajar dan dilaksanakan pada perusahaan/industri atau instansi yang relevan.
Secara umum pelaksanaan program Praktek Kerja Industri ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan siswa di bidang teknologi, penyesuaian diri dengan  situasi yang sebenarnya, mengumpulkan informasi dan menulis laporan yang berkaitan langsung dengan  tujuan  khusus. Setelah siswa melaksanakan  program  Praktek  Kerja Industri secara khusus siswa diharapkan memperoleh pengalaman yang mencakup tinjauan tentang perusahaan, dan kegiatan-kegiatan praktek yang berhubungan langsung dengan  teknologi. Dan mempersiapkan para siswa/siswi untuk belajar bekerja secara mandiri, bekerja dalam suatu tim dan mengembangkan potensi dan keahlian sesuai dengan minat dan bakat masing-masing.

a.    Penyelenggaraan praktik kerja industri (PRAKERIN) pada SMK bertujuan untuk: Menghasilkan tenaga kerja yang berkualitas, yaitu tenaga kerja yang memiliki tingkat pengetahuan, keterampilan, etos kerja yang sesuai dengan  tuntutan lapangan pekerjaan.
b.     Memperkokoh link and match antara SMK dan dunia kerja.
c.     Meningkatkan efektifitas dan efesiensi proses pendidikan dan pelatihan kerja berkualitas.
d.    Memberi pengakuan dan penghargaan terhadap pengalaman kerja sebagai bagian dari proses pendidikan.

1.3.  Sasaran pokok Praktik Kerja Industri (PRAKERIN)

Melihat kenyataan di atas, Kemendikbut menetapkan strategi operasional yang berdasarkan pada kebijakan“Link and Match”(kesesuaian dan kesepadanan)Departemen Pendidikan dan kebudayaan dalam model penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda. Pelaksanaannya sesuai dengan ketentuan-ketentuan yang tertuang dalam Undang-undang Nomor 2 tahun 1989 tentang sistem Pendidikan Nasional, PP Nomor 20 tahun 1990 tentang Pendidikan Menengah, PP Nomor 39 1992 tentang Peran serta Masyarakat dalam Pendidikan Nasional, Kepmendikbud Nomor080/U/1992 tentang Seklah  Menengah  Kejuruan dan  Kepmendikbud Nomor 080/U/1993 tentang  kurikulum SMK.






1.4. Tujuan pembuatan laporan Praktik Kerja Industri
                                                                                
Tujuan dari pembuatan laporan ini adalah agar para siswa dapat melatih jiwa mandiri, berani, tanggung jawab serta disiplin. Selain itu juga dapat mengkaji ilmu terapan di lapangan dengan sekolah. Adapun isi laporan yang harus disusun para siswa adalah hasil kegiatan selama PRAKERIN. Tujuan dari pembuatan laporan tersebut antara lain adalah :
1.    Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mengikuti Praktek Kerja Industri.
2.    Sebagai pertanggung jawaban atas tugas yang diberikan Sekolah kepada para siswa sehubungan dengan pelaksanaan PRAKERIN.
3.    Menambah perbendaharaan perpustakaan Sekolah dan sebagai pengetahuan bagi siswa angkatan selanjutnya.
4.    Sebagai latihan bagi siswa dalam membuat sebuah laporan kegiatan.
5.    Sebagai bukti bahwa siswa telah melakukan praktek yang di lakukan di DUDI (Dunia Industri).
6.    Sebagai syarat mengikuti Ujian Nasional. Untuk mengetahui perkembangan siswa selama mngikuti praktek di dunia usaha/industri.

1.5.  Metode Pengumpulan Data

Metode untuk mendapatkan data-data yang dibutuhkan dalam menyusun laporan kami mengambil metode wawancara. Metode ini merupakan metode yang paling efektif dalalam mengumpulkan data-data yang diperlukan.Dengan metode ini penulis secara langsung melakukan wawancara dengan pembimbing dilapangan dan karyawan.
Data-data yang diperoleh dengan metode ini antara lain ;
1.    Gambaran Umum Perusahaan
2.    Struktur Organisasi Perusahaan
3.    Bidang Usaha
4.    Inventarisasi tentang alat-alat dan benda-benda yang di kerjakan di tempat Prakerin. 



 BAB II PENGENALAN PERUSAHAAN

2.1.   Gambaran Umum Perusahaan

Ratu motor adalah salah satu bengkel resmi motor Honda di kabupaten Lahat,
Ratu motor berada di Jl. R. E.Martadinata Kel, Sukaratu. Ratu motor melayani service berbagai jenis sepeda motor Honda . Ratu motor juga menjual berbagai suku cadang motor Honda.
2.2.   Waktu dan Tempat Pelaksanaan Praktik Kerja Industri

Waktu untuk melaksanakan Praktik kerja industri (PRAKERIN) adalah mulai dari tanggal 4 januari s/d 4 April. Praktik kerja industri di Ratu Motor. dimulai dari pukul 07.45 – 17.00 WIB yang terdapat jam istirahat pukul 12.00 WIB – 13.00 WIB.

2.3.   Kompetensi yang diajarkan, antara lain :


·        Bongkar Mesin
·        Ganti Oli
·        Ganti Kampas Kopling
·        dll





















BAB III KEGIATAN PRAKTIK DI LAPANGAN

NO
TANGGAL
KEGIATAN
1
    Januari 2016

2
    Januari 2016

3
    Januari 2016

4
    Januari 2016

5
    Januari 2016

6
    Januari 2016

7
    Januari 2016

8
    Januari 2016

9
    Januari 2016

10
    Januari 2016

11
    Januari 2016

12
    Januari 2016

13
    Januari 2016

14
    Januari 2016

15
    Januari 2016

16
    Januari 2016

17
    Januari 2016

18
    Januari 2016

19
    Januari 2016

20
   Januari 2016

21
    Januari 2016

22
    Januari 2016

23
    Januari 2016

24
    Januari 2016

25
    Januari 2016

26
    Januari 2016

27
    Januari 2016

28
    Januari 2016

29
    Januari 2016

30
    Januari 2016




NO
TANGGAL
KEGIATAN
1
Februari 2016

2
Februari 2016

3
Februari 2016

4
Februari 2016

5
Februari 2016

6
Februari 2016

7
Februari 2016

8
Februari 2016

9
Februari 2016

10
Februari 2016

11
Februari 2016

12
Februari 2016

13
Februari 2016

14
Februari 2016

15
Februari 2016

16
Februari 2016

17
Februari 2016

18
Februari 2016

19
Februari 2016

20
Februari 2016

21
Februari 2016

22
Februari 2016

23
Februari 2016

24
Februari 2016

25
Februari 2016

26
Februari 2016

27
Februari 2016

28
Februari 2016

29
Februari 2016

30
Februari 2016







NO
TANGGAL
KEGIATAN
1
Maret 2016

2
Maret 2016

3
Maret 2016

4
Maret 2016

5
Maret 2016

6
Maret 2016

7
Maret 2016

8
Maret 2016

9
Maret 2016

10
Maret 2016

11
Maret 2016

12
Maret 2016

13
Maret 2016

14
Maret 2016

15
Maret 2016

16
Maret 2016

17
Maret 2016

18
Maret 2016

19
Maret 2016

20
Maret 2016

21
Maret 2016

22
Maret 2016

23
Maret 2016

24
Maret 2016

25
Maret 2016

26
Maret 2016

27
Maret 2016

28
Maret 2016

29
Maret 2016

30
Maret 2016





BAB IV PEMBAHASAN

1.     SISTEM REM PADA SEPEDA MOTOR
Dalam melihat sebuah kendaraan, biasanya orang selalu mempertimbangkan berapa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh kendaraan tersebut, dan berapa waktu yang dibutuhkan untuk mendapat kecepatan tersebut. Padahal dibalik itu ada sistem lain yang dharus diperhatikan juga : sistem rem pada kendaraan tersebut.
Semakin tinggi kecepatan yang bisa dicapai oleh suatu kendaraan maka jelas harus membutuhkan sistem rem yang mampu mengurangi kecepatan yang sudah dicapai tersebut nantinya.
Sistem rem sendiri kemudian dibagi menjadi dua jenis : Rem Tromol dan Rem Cakram
Rem Tromol
Rem tromol adalah sistem yang seringkali digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas cc kecil. Sistem rem ini juga dikenal sebagai sistem rem yang murah, namun kurang mumpuni untuk melakukan pengereman pada kecepatan tinggi, kecuali untuk tipe tertentu. Sistem rem ini tidak terlihat dari luar, karena berada didalam komponen roda kendaraan.
Sistem rem digunakan untuk memperlambat ataupun menghentikan sepeda motor. Selain itu sistem rem juga berfungsi sebagai alat pengaman dan menjamin pengendaraan yang aman. Prinsip rem adalah merubah energi gerak menjadi energi panas. Umumnya,rem bekerja disebabkan oleh adanya sistem gabungan penekanan melawan sistem gerak putar. Efek pengereman (braking effect) diperoleh dari adanya gesekan yang ditimbulkan antara dua objek / benda.


Pada sepeda motor sistem rem yang digunakan adalah rem tromol atau rem cakram. Untuk pengoperasian rem tromol biasanya menggunakan cara pengoperasian mekanikal atu menggunakan tuas. Sedangkan rem cakram ada yang menggunakan mekanik dan ada yang menggunakan model hidrolis.

-Rem
tromol
Rem tromol pada sepeda motor komponen utamanya adalah menggunakan tromol atau drum yang di tekan oleh kanvas.






Komponen rem tromol
o   kanvas rem
o   anchor pen
o   cam
o   pembalik
o   tromol/drum
komponen rem tromol depaan sepeda motor apabila di urutkan seperti gambar di bawah




cara kerja rem tromol pada sepeda motor

1. sebelum rem bekerja.

Pada saat tuas rem belum di tarik / di injak maka rem belum bekerja. Di antara tromol dan kanvas rem masih ada celah dan tidak bersinggungan. Per pengembali kanvas masih belum meregang.
2. setengah pengereman

Apabila tuas rem ditarik setengah maka akan mulai terjadi pergerakan pada komponen rem. Cam akn bergerak memutar dan kanvas akan bergerak keluar sehingga akan mulai bergesekan dengan drum/ tromol.  Terjadilah gesekan kecil dan rem bekerja sedikit




3. rem bekerja penuh

Pada saat rem tuas rem di tarik penuh maka akan terjadi gesekan yang kuat antara tromol dan kanvas rem. Cam memutar maksimal dan penekanan pada kanvas rem dengan tromol kuat sehingga dengan adanya gaya gesekan yang kuat akan mampu menghentikan putaran  tromol. Per pengembali juga meregang maksimal.
4. Pelepasan rem

Saat pelepasan rem adalah dimana tuas dilepas dan kembali pada posisi semula. Per pengembali kanvas bekerja untuk mengembalikan kedudukan kanvas seperti pada saat belum bekerja. Gesekan antara kanvas dan tromol tidak ada.

Mekanisme rem tromol adalah ketika tuas rem ditarik, lengan rem akan memutar cam/nok yang menyebabkan brake shoe mengembang kemudian kanvas rem akan bergesekan dengan tromol.  Gesekan ini yang akan menyebabkan perlambatan pada sepeda motor.

Rem Cakram
Berbeda dengan sistem rem tromol, rem cakram adalah sistem rem yang seringkali digunakan untuk sepeda motor dengan kapasitas cc besar, sehingga mampu mengurangi kecepatan kendaraan dari kecepatan tinggi sekalipun. Karena itu sistem rem jenis ini juga digunakan pada kereta api, mobil, dan sepeda. Namun penggunaan rem cakram saat ini sudah digunakan pula pada sepeda motor dengan kapasitas cc kecil, karena dianggap lebih efektif dan lebih trendy.

Sesuai dengan namanya, mekanisme kerja rem cakram adalah dengan menggerakkan piston yang kemudian mendorong kanvas rem bergerak menjepit cakram dari dua sisi. Gesekan pada cakram yang berhubungan dengan roda, membuat roda kehilangan kecepatannya dan pada akhirnya berputar lebih lambat dari sebelumnya.
 Jadi, pada saat nanti anda akan melihat sepeda motor atau hendak membeli sebuah sepeda motor, selain lihat berapa kecepatan tertinggi yang bisa dicapai oleh sepeda motor tersebut, perhatikan juga sistem rem nya. Semakin tinggi sepeda kecepatan yang dicapai, maka seharusnya sepeda motor tersebut sudah menggunakan sistem rem cakram.
Atau anda bisa melihat secara terbalik, sepeda motor yang sudah menggunakan rem cakram sudah bisa dikatakan mampu melaju dengan kecepatan tinggi, walaupun tidak semuanya, karena beberapa produsen ada yang mengintegrasikan rem cakram karena banyaknya peminat yang menginginkan sepeda motor dengan rem cakram, walaupun sebenarnya untuk kapasitas cc sepeda motor tersebut cukup menggunakan rem tromol biasa.

2.     MENGGANTI KAMPAS REM

Bagi anda mungkin ketika mengalami rem yang sudah tidak pakam lagi mungkin salah satunya bisa di sebabkan dengan kampas rem yang sudah habis. Ketika anda mengendarai motor dan pada bagian depan terdengar suara decitan atau bunyi lainya bisa jadi kampas rem motor yang anda naiki tersebut juga sudah habis. Nah untuk cara menggantinya tentunya hal tersebut bisa anda lakukan sendiri karena tidak bergitu repot selain itu tentu bisa menghemat sedikit biayaperawatan motor, jadi tidak harus pergi ke bengkel motor.
Pada contoh dibawah ini saya ingin sharing informasi mengenai bagaimana cara mengganti kampas rem depan motor vario yang mungkin selama ini anda cari. Jika anda tahu , sebenarnya untuk penggantian kampas rem sendiri tidak terlalu sulit, anda tidak memerlukan tahapan yang rumit dan kunci peralatan motor yang digunakan juga sedikit.
Berikut ini adalah artikel yang saya  kutip dari blognya mas ari mengenai cara bongkar kampas rem depan vario dengan teknik yang simple dan kunci yang digunakan minim.
Peralatan Untuk Bongkar Kampas Rem
1.     Kunci L bintang ukuran T40
2.     Kunci T 8
3.     dan amplas.
Selanjutnya setelah anda persiapkan peralatan tersebut, mari simak panduan atau langkah langkah bongkar kampas rem depan motor honda vario .

1.     Yang pertama anda bisa coba untuk mengambil kunci T8, setelah itu anda bisa buka bagian baut pengikat kampas rem (dikendorkan atau dilepas). anda bisa putar ke arah kiri untuk mengendorkan baut tersebut.
2.     Setelah itu jika sudah baut tersebut sudah kendor anbda bisa cabut dan selanjutnya lepas bautnya dari kaliper.
3.     Next , anda bisa juga melepas bagian dua baut bintang, anda bisa kendorkan dengan menggunakan kunci L bintang yang sudah di siapkan sebelumnya.
4.     Nah jika anda kesulitan dalam melepas baut L bintang maka anda bisa menggunakan kunci T agar torsinya jadi lebih enteng.
Next selanjutnya anda bisa lanjutkan langkah langkahnya seperti dibawah ini :

1.     Nah jika pada bagian baut kaliper sudah terlepas,sekarang anda bisa coba untuk tarik bagian kalipernya maka pada kampas rem nanti akan mretelin ,anda bisa lihat pada gambar diatas ini :
2.     Pada gambar diatas lihat no 2 kampas rem sudah terlepas.
3.     Coba anda perhatikan pada bagian gambar no 3, Jika ketebalan kampas rem tersebut masih diatas 1mm maka anda hanya cukup membersihkan saja bisa menggunakan ampelas tapi jika kampas tersebut sudah tipis maka biasanya anda harus mengganti dengan yang baru jika tidak maka nanti piringan/disc cakramnya nya akan aus gara2 kampas rem tersebut sudah habis.
4.     Nah lihat pada gambar no 3, jika kampas rem sudah anda bersihkan atau anda mengganti dengan yang baru maka anda bisa lanjut proses berikutnya yaitu ke pemasangan .







Setelah anda bersihkan jika kampas rem masih , tapi jika kampas rem habis maka anda bisa menggantinya dengan yang baru , selanjutnya tinggal langkah pemasangannya. Berikut ini bisa anda simak langkah pemasanga kampasnya.
1.     Yang pertama anda bisa coba untuk mengambil kampas rem yang bagian dalam atau yang ditekan oleh piston, selanjutnya anda pasangkan ke bagian kaliper sambil baut pengikat kampas dimasukkan juga, untuk lebih jelasnya anda bisa lihat pada gambar no 1.
2.     Next , langkah selanjutnya untuk pemasangan kampas adalah untuk kampas rem yang kedua anda bisa masukan kemudian baut pengikat kampas rem dimasukkan full, bautnya tidak perlu dikencangkan dulu.
3.     Langkah selanjutnya jika pada bagian kampas dan baut pengikat sudah terpasang sempurna lihat pada gambar no 3
4.     Maka langkah berikutnya anda bisa dengan melanjutnya memasang kalipernya.

1.     Langkah berikutnya anda bisa masukkan kedua baut kaliper tersebut ,kemudian untuk baut L bintang kaliper ini anda bisa kencangkan menggunakan kunci L bintang T40 ,nah jika perlu anda bisa juga menggunakan kunci T8 sebagai pengait agar baut tersebut terikat dengan kencang.
2.     Untuk gambar no 2, yaitu jangan lupa untuk bagian Baut kaliper kedua di kencangkan juga.
3.     Next step berikutnya yaitu jangan lupa untuk mengencangkan baut pada bagian pengikat kampas kampas rem remnya menggunakan  kunci T8 yang sudah di persiapkan sebelumnya.







3. MENGGANTI KAMPAS KOPLING

1.     Pertama :
Lepas semua baut pengunci bak kopling, kemudian copot bak dengan menarik keluar. Kalau sulit (lama tidak dibuka), diperlukan pengungkit pada cupingan2 yang sudah disediakan. Ungkit pelan2 dan hati2, jangan sampai cupingannya pecah Dengan menggunakan Kunci T 8mm.

2.     Kedua :
Lepas lock-nut pengunci rumah kopling dengan menggunakan kunci sok mahkota, sama seperti saat melepas lock-nut di filter sentrifugal



3.     Ketiga :
Lepaskan Per kopling dan Copot Rumah kopling Dengan Bantuan Traker Biar Lebih Gampang.



4.     Terakhir :
Lepas Kampas Kopling Yang akan di Ganti,Tapi Urutan'a Harus di Perhatikan Jangan sampai Salah Pasang.Kemudian Ganti Dengan Yang Baru.


Untuk Pemasangan Sama Dengan Proses Pelepasan Tapi Lebih Baik Bersihkan Dulu Komponen2'a Dengan Menggunakan Bensin Sebelum Di Pasang Kembali..
Yang masih Pemula Sebaiknya Peletakan urutan Komponen yang telah di buka di pisahkan dan di beri tanda, agar tidak Bingung pada saat Pemasangan.
A.   MENGGANTI OLI MOTOR MATIC HONDA
Selain Oli mesin pada motor matic sebut saja pada motor honda beat ada juga lho oli transmisinya atau oli gardan. Oli tersebut tentunya berfungsi untuk pelumasan agar kinerja lebih maksimal dan tentunya wajib di ganti . Bila dibiarkan maka nantinya akan berakibat timbul bunyi dalam bak transmisi. Hal tersebut dikarena akibat dari gesekan antar gigi transmisi yang sudah minim pelumasan. Akibat lanjutannya akan terjadi keausan dibagian tersebut. ucap Endro Sutarno, bagian training PT Astra Honda Motor (AHM).
Lalu kapan waktu yang tepat untuk melakukan penggantian oli transmisi atau gardan tersebut. kalau kemaren saya baca2 di blognya mas ari itu maksimal 6 bulan sekali ganti oli gardan atau 5000 km saja, meskipun maksimal penggantian setiap 10.000 km. jika nunggu 10.000 km terlalu lama nanti kasihan motornya dan mengurangi efek/resiko rusak,untuk harganya sendiri oli gardan sangar murah yaitu sekitar 10ribuan. Sedangkan untuk melakukan pengecekan apakah oli gardan masih atau habis anda bisa mengakali dengan menggunakan sapu lidi, anda bisa masukan ke tempat oli gardan tersebut jika masih ada maka aman , jika tinggal sedikit anda bisa membuang dan mengganti dengan yang baru.
Berikut ini kutipan yang saya kutip dari mekanik mas ari tentang penggantian oli gardan yang mungkin bisa membantu motor matic anda.
  • Oli gardan maksimal dipakai sampai  di 10.000 km,akan tetapi alangkah lebih baiknya anda melakukan penggantian sebelum di 10.000 km agar lebih safety.
  • Perlu di perhatikan bahwa Oli gardan meskipun masih kelihatan bening maka tetap harus diganti ,untuk kapasitas oli gardan itu tergantung dari jenis motornya karena setiap motor itu berbeda kapasitas olinya , tapi pada umumnya rata2 hanya menggunakan 1 botol ,kecuali mtr xeon yang menggunakan 2 botol.
  • Oli gardan meskipun sudah digunakan sampai 10.000 km tapi tetap bening ? jawaban mas ari adalah itu normal,karena sistem pelumasan di ruang mesin dengan gardan sistemnya beda. untuk oli mesin cepat hitam karena selain sebagai pelumas dan pendingin oli di mesin juga berfungsi sebagai ‘perapat’/ membantu proses kompresi dan melumasi piston ,ring piston serta cylinder yang mempunyai tingkat keausan dan gesekan lebih tinggi sehingga kerja oli mesin lebih berat.sedangkan oli gardan hanya berfungsi sebagai pelumas roda gigi saja sehingga kerjanya ringan.
Nah bagaimana , apakah anda udah paham semua hal mengenai oli gardan , jika sudah paham mari kita lanjutkan mengenai cara penggantianya yang bisa anda lihat dibawah ini :
1.     Yang pertama anda bisa parkirkan kendaraan di tempat yang aman dan mempunyai permukaan yang rata ( untuk memastikan oli keluar semua saat mengisi pas dengan takaran) . Selanjutnya anda bisa menggunakan standard dua agar posisi motor rata. Selanjutnya anda buka baut pembuangan oli, ( buka baut untuk pembuangan dan juga baut untuk memasukan oli gardan).Biarkan oli tersebut keluar sampai benar benar habis anda bisa menggunaka kompresor agar lebih maksimal , tapi jika tidak ada juga tidak masalah.

2.     Anda bisa siapkan oli transmisi yang bisa di beli di toko bengkel terdekat di kota anda untuk harganya kurang lebih sekitar 10.000an , selain oli gardan motor, siapkan juga kunci T atau kuci Y ukuran 12-an untuk membuka baut ,selanjutnya anda coba perhatian pada gambar diatas( point no 2) , di situ ada lubang perhatikan lubang in ( atas, ), out ( bawah )
3.     Selanjutnya anda bisa buka terlebih dahulu bagian baut in  (baut atas )
4.     Jika baut in sudah maka anda juga buka baut out , maksudnya adalah baut untuk saluran pembuangan oli ,jangan terlalu keras ,harap hati2,karena oli nantinya siap menetes, siapkan wadah ( anda bisa gunakan wadah seperti gelas, atau tempat yang cukup untuk menampung oli pembuangan.

5.     Selanjutnya tunggu oli transmisi/gardan keluar semuanya , tunggu oli tersebut hingga tetesan terakhir hehe,artinya adalah sampai berhenti menetes lagi.
Ada yang menggunakan compresor jare biar maksimal, lebay hehe, anda bisa memiringkan motor untuk memaksimalkan, tunggu saja sampai oli gak keluar.
6.     Intinya adalah kuras oli tersebut sampai habis dengan cara dimiringkan ke arah kiri tapi anda harus hati2,biar motornya gak ambruk ,gunakan standard kiri dan standard tengah

7.     Jika oli sudah dirasa habis dan sudah kering anda bisa tegakkan kembali motornya, terus tutup kembali baut yang di lepas tadi (khusunya  baut out/ baut pembuangan oli) anda bisa kencangkan baut tersebut sesuai TORSI
kemudian anda masukan oli gardan tersebut ke ujung tempat olinya, masukkan secara perlahan  lahan lewat lubang in (lihat gambar pertama)

kalau oli gardan tersebut susah masuk, anda bisa miringkan motor ke kiri sedikit, dan sambil menekan tuh botol oli, anda bisa tekan sampai semua isi olinya habis dan masuk sempurna ke gearbox
8.     Nah setelah selesai anda bisa pasang kembali baut in dan kencangkan sesuai torsi

9.     Untuk oli sendiri anda bisa gunakan sesuai dengan kapasitas yang di rekomendasikan pada motor anda. sebagai contoh misalnya oli gardan SAE 140, Oli transmisi Manual SAE 90, oli transmisi Automatic ATF (Automatic Transmission Fluid).
10. Untuk yang terakhir, anda periksa kebocorannya kalau tidak bocor sips, sukses .
Nah sampai disini sudah paham , semoga artikel yang saya sajikan diatas dapat bermanfaat khususnya buat saya pribadi dan buat teman teman yang pengen belajar sendiri otodidak cara mengganti oli gardan motor matic.


BAB V PENUTUP
·       Dengan mengucapkan syukur alhamulillah penyusun dapat menyelesaikan laporankegiatan Pratik Kerja Indusrti (PRAKERIN) ini ,walaupun penyusun sadari bahwa masih banyak kekurangan, namun setidaknya kami mengharapkan laporan ini dapan bermanfaat khusus nya bagi penyusun sendiri dan umumnya bgi teman-teman semua.
·       Dengan hati yang lapang kami mengharapkan saran dan kritik untuk melengkapi dan menyempurnakan laporan ini.
·       Atas kesediaan dan keiklasan kami mengucapkan terimakasih dan kami berdo’asemoga segi kebaikan dan dukungan dari semua pihak mendapat balasan dari Allah swt. Hanya kepada-Nya kita bertawakal dan haya kepada-Nya lah semua kembali, semoga Allah melimpahkan Anugrah, berkah ,dan karunia agar kita senantiasa berada pada naungan megfiroh dan ridho Allah.






3.1.      Kesimpulan
         
          Sesuai dengan ketentuan yang telah di tenukan bahwa setelah melaksanakan PRAKERIN (Praktik Kerja Industri) pada siswa diwajibkan membuat laporan. Pembuatan laporan ini salah satu syarat untuk Ujian Akhir Nasional di SMK N1 LAHAT, dalam pembuatan laporan ini  peserta Praktik Kerja Indusri harus memberikan keterangan-keterangan dan melakukan penelitian yang kebenaran laporan ini harus dapat di pertanggung jawabkan oleh peserta Pratik Kerja Industri.
3.2.   Saran
 Untuk Instansi :
a.     Bagi para pembimbing mudah-mudahan untuk kegitan berikut nya akan mendapat tugas dan tanggung jawab yang sesuai dengan ke terampilan yang di butuhkan.
b.      Dalam penilaian harus di samakan / sesuaidengan bidang yang telah di tentukan .
c.     Bagi Ratu Motor sistem kerja pegawai sebaik nya di tingkatkan lagi.
Untuk Sekolah:
Diharapkan dapat memantau kegiatan Siswa/ siswi nya yang sedang melaksanakan Praktik Kerja Industri secara intensif sehingga kesulitan dan permasalahan dapat terselesaikan dengan cepat

Tidak ada komentar:

Posting Komentar